Mosul,LiputanIslam.com-Badan internasional HAM mengumumkan, peristiwa keracunan para pengungsi di kamp al-Khazir disebabkan sebuah organisasi asal Qatar.

Menurut laporan al-Sumaria News, Khaled Wali, wakil badan HAM ini, mengatakan,”Tiga ratus pengungsi di kamp al-Khazir mengalami keracunan hebat setelah mengkonsumsi makanan kadaluwarsa.”

Zahed al-Khatouni, seorang anggota parlemen dari Nineveh, juga mengatakan, sekitar 800 hingga 900 orang mengalami keracunan pada Senin malam (12/6). Mereka segera mendapat perawatan dari awak medis kota Arbil.

Menurut pengumuman Kementerian Kesehatan Irak, seorang wanita dan seorang anak meninggal akibat keracunan makanan di kamp al-Khazir.

Al-Khazir terletak tiga puluh kilometer arah timur Mosul. Kamp ini adalah salah satu dari empat kamp pengungsian yang dibangun PBB atas kerjasama dengan pejabat distrik Kurdistan dan organisasi internasional HAM. Kamp-kamp ini dibangun untuk tempat perlindungan dan perawatan warga Mosul yang terlunta-lunta menyusul operasi pembebasan Mosul sejak tahun lalu. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL