Marawi,LiputanIslam.com—Pemerintah Filipina memperkirakan bahwa rehabilitasi Kota Marawi akan menghabiskan dana senilai 150 Milyar Peso. Kepala Eksekutif Bank Dunia, Kristalina Georgieva, menyampaikan pada Selasa (17/10) bahwa Bank Dunia akan memberikan bantuan untuk membangun kembali Kota Marawi yang telah hancur.

“Kami hanya dapat menunjukkan simpati atas apa yang telah terjadi di Marawi. Sebagai sebuah institusi yang berkomitmen untuk menegakkan perdamaian dan menyelesaikan konflik, akan menjadi sebuah kehormatan bagi kami untuk membangun kembali dan melakukan apapun yang dapat dilakukan dalam situasi seperti ini,” ucap Georgieva seperti dikutip oleh The Manilla Bulletin.

Pemerintah Filipina memperkirakan bahwa seluruh biaya rehabilitasi Kota Marawi, meliputi: perbaikan infrastruktur, mata pencaharian, dan tempat tinggal untuk 400.000 penduduk, akan menghabiskan dana senilai 150 milyar Peso atau setara dengan 2,9 milyar dolar.

Dominguez, Menteri Keuangan Filipina, mengatakan bahwa Bank Dunia telah mengkonfirmasi niat baiknya untuk bekerjasama dengan pemerintah Filipina membangun kembali Kota Marawi dan meningkatkan upaya perdamaian di Mindanao.

Pada Senin pagi, dua orang komandan militan—Isnilon Hapilon dan Omar Khayyam Maute—telah tewas di tangan militer Filipina. Pada Selasa, Presiden Duterte mendeklarasikan pembebasan Kota Marawi dari cengkraman teroris ISIS, sambal mengatakan bahwa proses rehabilitasi Kota Marawi akan segera dimulai. (fd/AA)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL