Rohingya,LiputanIslam.com—Pasukan keamanan di Bangladesh telah menahan serta memulangkan puluhan pengungsi Muslim Rohingya yang berhasil melarikan diri dari serangan biadab tentara Myanmar ke Myanmar.

Polisi Bangladesh mengatakan bahwa mereka telah menahan 70 orang Muslim Rohingya yang melarikan diri dari sikap diskriminatif dan zalim yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar terhadap kelompok muslim minoritas Rohingya yang ada di Rakhine.

Para pengungsi yang berhasil kabur itu ditangkap oleh pasukan keamanan Bangladesh setelah berhasil melewati perbatasan Myanmar-Bangladesh sejauh empat kilometer. Kepala polisi setempat mengatakan bahwa mereka rencananya akan pergi ke kamp pengungsi di Kutupalong, sebuah kamp yang menampung ribuan orang Rohingya.

“Sekitar 70 orang pengungsi berhasil kamu tahan dan kami kembalikan ke Myanmar melalui perbatasan,” ucap kepala Polisi Bangladesh, Abul Khaer.

Sementara itu, anggota polisi lainnya yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan, “ mereka memohon kepada kami agar tidak dikembalikan ke Myamnarm.”

Pemerintah Bangladesh telah menginstruksikan para pejabat lokal di wilayah perbatasan Bangladesh-Myanmar untuk melarang orang-orang Muslim Rohingya memasuki wilayah Bangladesh secara ilegal.

Beberapa jam sebelum Muslim Rohingya tertangkap di Bangladesh, tentara Myanmar tampak telah melepaskan tembakan ke arah orang-orang Muslim yang mencoba keluar dari siksaan tentara Myanmar itu.

Para wartawan yang menyaksikan hal ini pada Sabtu (26/8), mengatakan bahwa tentara Myanmar menggunakan peluru mortir dan senapan mesin untuk mengeksekusi ratusan penduduk Rohingya, termasuk wanita dan anak-anak, yang mencoba untuk melarikan diri. Hal ini ditegaskan oleh para penjaga perbatasan Bangladesh yang mengatakan bahwa penembakan tersebut berlangsung di pos perbatasan Ghumdhum.

Minoritas Muslim Rohingya yang hidup di Rakhine telah dizalimi oleh para ekstremis Budha di wilayah itu sejak 2012 lalu. Tak hanya itu, militer pun ikut terlibat mengepung wilayah ini sejak Oktober 2016 lalu. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL