Dakka,LiputanIslam.comNew York Times melaporkan, pemerintah Bangladesh berencana membangun kamp pengungsi besar bagi warga Rohingya, menyusul eksodus sekitar 400 ribu orang dari etnis ini ke negara tetangga Myanmar ini.

Kamp besar ini akan dibangun dalam tempo sepuluh hari ke depan. Menurut para pejabat, kamp ini akan didirikan di kawasan Cox’s Bazar dekat perbatasan Myanmar. Pemerintah Bangladesh berniat membangun 14 ribu kamp dengan bantuan lembaga internasional dan tentara. Masing-masing kamp bisa menampung enam keluarga.

Bangladesh sendiri adalah negara miskin yang kapasitasnya tidak mencukupi untuk menampung para pengungsi Rohingya.

Sebelum meningkatnya krisis pada 25 Agustus 2017, kamp-kamp di Bangladesh telah disesaki 400 ribu pengungsi. Sekitar tiga pekan lalu, militer Myanmar menyerang Muslim Rohingya di distrik Rakhine hingga memaksa mereka kabur menyelamatkan diri. Tindakan ini memicu kecaman keras masyarakat dunia, sampai-sampai PBB menyebutnya sebagai bentuk “genosida etnis.”

Sejak 50 tahun lalu, bahkan setelah dipimpin Aung San Suu Kyi, militer Myanmar masih memegang kendali kebijakan keamanan negara tersebut. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL