Riyadh,LiputanIslam.com-Media-media Arab pada Jumat malam (9/11) memberitakan, Saudi melalui perantaraan sebuah korporasi Spanyol telah membeli 500 tank Merkava dari Rezim Zionis.

Menurut situs Palestine al-Youm, tank-tank itu dibeli atas nama Spanyol, namun Muhammad bin Salman yang membayarnya secara kontan. Tank-tank tersebut akan diserahkan kepada tentara Saudi melalui angkatan laut Spanyol.

“Putra mahkota Saudi berupaya membeli seribu unit tank lagi dari Israel, agar bisa memiliki armada lapis baja yang didukung 1500 tank Merkava,”tulis Palestine al-Youm.

Rencananya, sebanyak 400 perwira dari satuan lapis baja Israel akan dikirim ke Saudi. Mereka akan melatih 6 ribu serdadu negara tersebut dalam menggunakan Merkava dan perangkat-perangkat lapis baja yang telah dibeli.

Menurut media ini, tank-tank itu akan digunakan di kawasan Rub al-Khali. Sebab, Israel membuat tank-tank tersebut sesuai dengan kondisi cuaca panas yang tinggi di Saudi.

Ini merupakan pembelian senjata terbesar Saudi dari Israel yang dilakukan dengan perantaraan sebuah perusahaan Spanyol.

Kabar transaksi ini tersiar beberapa pekan setelah PM Israel dan presiden Mesir mengemis kepada Gedung Putih agar mendukung Bin Salman. Benyamin Netanyahu dan Abdul Fatah el-Sisi berdalih, putra mahkota Saudi adalah sekutu strategis regional mereka, sehingga perlu mendapat dukungan dari pemerintahan Trump.

Seperti diketahui, pembunuhan Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul telah memicu amarah masyarakat dunia. Bin Salman dianggap sebagai tersangka utama pembunuhan tersebut. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*