Manama,LiputanIslam.com—Rezim Bahrain telah mengumumkan bahwa negaranya akan mengikuti kebijakan yang dilakukan oleh Uni Emirat Arab untuk memenjarakan siapa saja yang bersimpati pada Qatar.

“Segala bentuk simpati yang diberikan atas pemerintah Qatar atau tindakan yang bertentangan dengan sikap pemerintah Bahrain, baik itu disampaikan melalui sosial media, Twitter, dan pelbagai bentuk komunikasi lainnya akan dianggap sebagai kejahatan dan akan dipenjara selama lima tahun,” ucap Kementerian Dalam Negeri Bahrain, pada Kamis (8/6).

Keputusan pemerintah Bahrain ini dibuat beberapa saat setelah Uni Emirat Arab menerapkan kebijakan serupa dan mengancam siapa pun yang bersimpati pada Qatar akan dipenjara selama minimal 15 tahun.

Pada Senin, UAE, Bahrain, dan Mesir telah mengikuti Saudi Arabia untuk memutus hubungan diplomatik dengan Qatar sembari menuduh negara tersebut memberikan dukungannya terhadap terorisme dan merusak stabilitas di wilayah teluk. Mereka juga memblokade Qatar dari akses laut, darat, dan udara.

Qatar menepis tuduhan bahwa dirinya telah memberikan dukungan terhadap terorisme. Para pejabat Qatar menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi terus berupaya mendesak Qatar dan para pejabat tersebut menolak adanya campur tangan asing terkait urusan dalam negeri mereka.

Keputusan Bahrain untuk mengadili warganya yang bersimpati pada Qatar muncul di saat pemerintah menekan para demonstran yang anti terhadap rezim negara tersebut.

Negara kecil yang menjadi tuan rumah Armada Kelima Angkatan Laut AS dan mendapatkan dukungan penuh dari Arab Saudi itu telah diguncang oleh pelbagai aksi demonstrasi sejak Februari 2011.

Banyak demonstran yang terus dijebloskan ke dalam penjara di Bahrain karena ekspresi yang mereka publikasikan secara online. Bahrain menolak seruan internasional untuk lebih toleran terhadap perbedaan pendapat politik yang diaspirasikan oleh warganya. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL