Washington,LiputanIslam.com-Sejak Donald Trump terpilih sebagai presiden Amerika, dia selalu mengincar kesepakatan ekonomi dengan para sekutu negaranya di dunia, termasuk di Teluk Persia. Dalam pertemuannya dengan putra mahkota Bahrain, Trump berterima kasih atas kesepakatan senilai 9 milyar dolar antara Bahrain-Amerika.

Salman bin Hamad Al Khalifa dijamu Trump di Gedung Putih pada Kamis (30/11). Mereka membicarakan hubungan kedua negara dan sejumlah topik aktual.

Trump di hadapan para awak media mengapresiasi kunjungan Salman ke Gedung Putih. Dia menyebut putra mahkota Bahrain sebagai “kawan.”

Trump memposting klip pertemuan tersebut dalam akun Twitter-nya dan mengunggah cuitan:”Putra mahkota tengah menjalin kesepakatan dagang senilai 9 milyar dolar, termasuk finalisasi pembelian jet F-16.”

Mike Pence, wapres Amerika, juga menyatakan bahwa Salman telah menandatangani pembelian jet tempur senilai 2,3 milyar dolar.

Sebelum ini, Trump dalam kunjungan luar negeri pertamanya pergi ke Saudi. Dia dikabarkan menjalin kesepakatan perdagangan dan persenjataan senilai ratusan milyar dolar dengan negara tersebut.

Saat kampanye pilpres Amerika, Trump menganalogikan Saudi sebagai sapi perah yang harus dimanfaatkan. Dia secara terang-terangan menyatakan akan meninggalkan Saudi di Timur Tengah setelah habis diperah. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL