AbuDhabi,LiputanIslam.com-Sejumlah media mengabarkan terjadinya ledakan besar di pelabuhan Fujairah di timur Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (12/5).

Pelabuhan itu terletak di pesisir Laut Oman. Fujairah adalah pelabuhan terpenting untuk ekspor minyak UEA. Tiap hari ada sekira 1,8 juta barel minyak yang diekspor dari Fujairah.

Menurut laporan stasiun al-Mayadeen, ledakan di Fujairah berasal dari kebakaran di sejumlah tanker cadangan bahan bakar, yang kemudian menyebar hingga memicu ledakan besar.

Mulanya, kabar kejadian ini dibantah oleh kantor berita UEA, WAM, yang mengutip statemen dari penguasa emirat Fujairah. WAM mengklaim, aktivitas bongkar-muat kapal-kapal tanker masih berjalan seperti biasa.

Namun sejumlah media akhirnya merilis nama-nama tanker yang terdampak ledakan itu. Ini menunjukkan akurasi informasi terkait peristiwa tersebut, sehingga tak mungkin dibantah atau disensor.

14 jam setelah kejadian, ahirnya kemenlu UEA mengumumkan, empat tanker di perairan regionalnya telah menjadi sasaran aksi perusakan.

Media-media Arab mengabarkan, tim pencari fakta internasional telah tiba di Fujairah untuk menyelidiki sebab musabab ledakan di tempat itu.

Menurut redaktur Rai al-Youm, identitas pelaku peledakan masih belum jelas. Abdel Bari Atwan menulis, belum ada info terkait jenis ledakan tersebut, apakah karena serangan rudal, serangan udara, ataukah disebabkan ranjau laut. Bahkan, tulis Atwan, ada spekulasi yang menyebutkan ledakan itu disebabkan bom yang dipasang di lambung kapal oleh tim komando khusus. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*