Canberra,LiputanIslam.comReuters melaporkan, Angkatan Bersenjata Australia pada Sabtu (22/7) mengumumkan, sebuah kapal mata-mata China mendekati tempat latihan militer bersama antara Amerika, Selandia Baru, dan Australia di kawasan pesisir negara ini.

Statemen Angkatan Bersenjata Australia menyatakan, kapal mata-mata tipe 815 milik China sedang melaksanakan misi spionase saat berlangsungnya latihan militer “Talisman Sabre” di timur laut Australia.

Kapal itu disebut-sebut berada di luar perairan regional Australia dan di dalam kawasan ekonomi eksklusif negara ini di Laut Karang. Lebih dari 30 ribu serdadu Amerika, Selandia Baru, dan Australia hadir dalam latihan militer dua tahunan tersebut. Latihan ini akan berakhir pada akhir Juli nanti.

Kehadiran militer Beijing di Laut Selatan China memicu ketegangan dengan sejumlah negara-negara tetangganya, dan juga menimbulkan kecaman dari pihak Australia dan Amerika. Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Taiwan mengklaim kepemilikan atas laut yang dipersengketakan sejak lama ini. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL