Washington,LiputanIslam.com-Institut AS, Atlantic Council, dalam situsnya menyatakan, pasukan AS menemukan bukti-bukti memo internal al-Qaeda pada Mei 2011. Dokumen-dokumen tersebut ditemukan saat militer AS menyerang tempat persembunyian Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan.

Menurut laporan situs ini, dokumen-dokumen itu bukan hanya tidak menunjukkan hubungan Iran dengan al-Qaeda, tapi sebaliknya, justru mengungkap permusuhan kelompok teroris itu terhadap Teheran.

Sejak 2012 hingga sekarang, memo-memo tersebut dikeluarkan dari pengarsipan secara bertahap. CIA pada November 2017 memublikasikan sejumlah besar berkas-berkas yang ditemukan dalam serangan ke Abbottabad. Jumlah yang dipublikasikan itu mencapai angka 470 ribu berkas. Nama Iran disebut-sebut dalam sejumlah berkas tersebut.

Dalam laporan Atlantic Council disebutkan, berkas-berkas itu dicari-cari, menyusul klaim tentang kolaborasi Iran dan al-Qaeda dalam serangan-serangan teroris. Berkas-berkas itu berhubungan dengan dokumen-dokumen sejak 2004 hingga Minggu sore Mei 2011, yaitu empat jam sebelum terbunuhnya Bin Laden.

Tak ada bukti dalam berkas-berkas itu yang menunjukkan kaitan Teheran dengan kelompok teroris tersebut. Sebaliknya, berkas-berkas itu secara konsisten mengungkap permusuhan terbuka al-Qaeda terhadap Iran. Fakta ini menunjukkan kebencian dan ketidakpercayan Bin Laden serta para petinggi al-Qaeda terhadap pejabat-pejabat Iran. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*