bangui2Bangui, LiputanIslam.com – Kelompok militan “Anti-Balaka” di Republik Afrika Tengah (CAR) akhirnya dicap sebagai teroris dan musuh oleh Uni Afrika (UA). Label ini dikeluarkan sehari setelah satu personil pasukan penjaga perdamaian asal Kongo terbunuh dalam kontak senjata yang terjadi Senin (24/3) di Boali, 80 kilometer utara Bangui.

Reuters melaporkan bahwa sikap UA menandai memuncaknya rasa frustasi atas eskalasi kekerasan di Republik Afrika Tengah meskipun Perancis telah mengerahkan 2,000 tentara dan Uni Afrika 6,000 tentara sebagai pasukan penjaga perdamaian yang tergabung dalam MISCA.

Sebagaimana dikutip Reuters, MISCA menegaskan, “Sejak sekarang, MISCA menganggap Anti-Balaka sebagai teroris dan pasukan musuh, dan mereka akan mendapatkan perlakuan yang tepat.” MISCA juga menyebutkan bahwa dengan terbunuhnya satu personil asal Kongo maka jumlah pasukan MISCA yang tewas di  Republik Afrika Tengah bertambah menjadi 21 personil.

Konflik dan kekerasan di Republik Afrika Tengah berkobar setelah milisi Kristen melancarkan serangan secara sistematis terhadap kelompok Muslim Saleka yang berhasil menjatuhkan pemerintahan Presiden Francois Bozize pada Maret 2013.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendata lebih dari 950,000 penduduk terpaksa mengungsi dan ratusan lainnya terbunuh akibat konflik di Republik Afrika Tengah. Selain itu, PBB juga memperkirakan 15,000 warga Muslim masih terjebak di Bangui dan beberapa wilayah lain di utara, baratlaut dan selatan negara bekas jajahan Perancis tersebut. Sejauh ini mereka masih dijaga oleh pasukan internasional.

Petinggi HAM PBB pekan lalu mengingatkan bahwa konflik antara warga Kristen dan Muslim di Republik Afrika Tengah telah menyentuh “level mengerikan”. Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, Navi Pillay, mengimbau masyarakat internasional supaya segera menyediakan pasukan untuk misi penjaga perdamaian PBB yang jumlahnya diusulkan sebanyak 12,000 personil. (mm/reuters/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL