carbomb nigeriaMaiduguri, LiputanIslam.com – Kawanan bersenjata kembali beraksi di Nigeria hingga menjatuhkan banyak korban tewas warga sipil. Dalam peristiwa terbaru, sedikitnya 32 warga sipil tewas diserang kawanan bersenjata tak dikenal di sebuah desa di wilayah timur laut negara ini.

Pihak kepolisian Nigeria Kamis (29/5) menyatakan serarangan mematikan itu terjadi Rabu malam lalu di desa Gurmushi yang terletak di wilayah perbatasan negara bagian Borno, Nigeria, dengan Kamerun.

Borno merupakan kantung pemberontakan milisi takfiri Boko Haram dan selama ini sudah mengalami beberapa kali serangan serupa.
Berbagai laporan menyebutkan bahwa kawanan bersenjata itu datang dengan mengendara motor kemudian menebar peluru secara sporadis selama sekitar satu jam.

Belum ada kelompok yang menyatakan bertanggungjawab atas serangan itu, namun pemerintah Nigeria menduga kuat serangan itu dilakukan oleh kelompok ekstrimis Muslim Boko Haram yang pernah melancarkan serangan-serangan serupa.

Boko Haram juga merupakan kelompok ekstrimis yang telah menggemparkan dunia dengan aksi penculikan sekitar 300 siswi sekolah menengah. Mereka menculik para gadis remaja itu dari kota terpencil Chibok pada pertengahan April lalu. Aksi tak berprikemanusiaan ini membangkitkan kecaman dari dalam dan luar negeri sehingga menjadi tekanan bagi pemerintah Nigeria untuk membebaskan mereka.

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan telah memerintahkan operasi militer besar-besaran terhadap terhadap Boko Haram dan berjanji untuk menggunakan segala cara yang tersedia untuk menangkal ancaman terorisme.

Boko Haram berambisi menggulingkan pemerintahan Nigeria dan menyatakan bertanggungjawab atas banyak serangan mematikan yang terjadi di berbagai wilayah negara ini sejak tahun 2009. (mm/presstv/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL