serangan tgd syiah nigeria2Zaria, LiputanIslam.com – Penyelidikan yudisial di Nigeria menghasilkan kesimpulan yang melaporkan bahwa pasukan militer negara ini harus dituntut atas peristiwa pembantaian terhadap 349 warga Muslim Syiah di utara kota Zaria tahun lalu.

Demikian diberitakan laman BBC, Senin (1/8/2016), sembari menyebutkan bahwa laporan itu menguatkan temuan organisasi HAM bahwa tentara Nigeria telah menggunakan “kekuatan yang berlebihan” dalam peristiwa itu.

Seorang juru bicara militer Nigeria mengatakan laporan itu sedang dipelajari.

Militer sebelumnya menyalahkan warga Muslim Syiah dalam peristiwa itu. Militer menuduh mereka mencoba membunuh komandan militer Jenderal Tukur Buratai.

Gerakan Islam Nigeria (Islamic Movement of Nigeria /IMN) membantah tuduhan tersebut, sementara komisi penyelidikan telah merekomendasi langkah-langkah untuk mengidentifikasi dan menangkap para tentara yang bertanggungjawab.

IMN memboikot komisi penyelidikan karena tidak diperkenankan meninau Sheikh Ibrahim Zakzaky, ulama dan pemimpin warga Muslim Syiah yang masih ditahan oleh polisi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL