Boat carrying migrants off coast of LibyaTripoli, LiputanIslam.com – Sedikitnya 36 orang tewas akibat insiden tenggelamnya kapal yang mengangkut 130 imigran menuju Eropa. Demikian dinyatakan oleh pejabat resmi Libya Minggu (11/5/2014) seraya menyebutkan bahwa kecelakaan itu terjadi di perairan Libya Selasa lalu.

“Kapal itu karam di lokasi yang berjarak 4 km (2,5 mil) dari Garrabulli yang terletak di 50 km sebelah timur Tripoli,” ungkap juru bicara Angkata Laut Libya Kolonel Ayub Kassem. Menurutnya, ada yang runtuh di bagian bawah kapal sehingga menyebabkan kapal kecil itu terbalik dan membuat penumpang dan awak kapal berhamburan ke laut.

36 orang ditemukan tewas, satu di antaranya ibu hamil. Para korban tewas itu serta 52 orang yang selamat sudah dievakuasi, namun sebanyak 42 orang lainnya masih belum ditemukan.

“Kami telah menyelamatkan 52 orang dengan berbagai kewarganegaraan. Sejauh ini sudah ditemukan 36 jenazah, 24 di antaranya pada hari ini (Minggu),” ungkap Kassem. Menurutnya, para korban selamat antara lain berasal dari Burkina Faso, Cameroon, Gambia, Mali dan Sinegal.

Dalam beberapa tahun terakhir Libya telah menjadi batu loncatan bagi ratusan ribu warga Afrika menuju Italia melalui Laut Mediteranian dengan harapan akan mendapat kehidupan yang lebih baik di negara-negara Eropa. Namun demikian, ratusan orang kehilangan nyawa setiap tahun akibat fenomena ini.

Memburuknya situasi keamanan dan merebaknya kondisi anarki di Libya membuat fenomena itu meningkat drastis. Lebih dari 22,000 imigran telah masuk ke Italia sejak awal tahun ini. Jumlah ini 10 kali lebih besar daripada jumlah imigran selama periode yang sama pada tahun 2013. (mm/channelnewsasia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL