Libya-Militants2Tripoli, LiputanIslam.com – Pemerintah Libya memberitakan bahwa Duta Besar (Dubes) Jordania di Tripoli, ibu kota Libya, telah diculik oleh kawanan bersenjata tak dikenal.

Juru Bicara (jubir) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Libya, Said al-Aswad, mengatakan, Dubes Libya bernama Fawaz al-Etan itu diculik oleh sejumlah pria bersenjata yang mengenakan penutup muka dan pakaian sipil. Mereka mengendarai dua mobil dan menyerang mobil yang dikendarai oleh Fawaz al-Etan di Tripoli Selasa pagi (15.4/2014).

Menurut al-Aswad, para penyerang menembaki mobil Dubes Jordania, mengakibatkan sopirnya terluka, kemudian memaksa al-Etan keluar di bawah todongan senapan.  Pihak Kemlu  Libya menduga bahwa al-Etan diserang sesaat setelah keluar dari rumahnya.

Jubir Kementerian Luar Negeri Jordania, Sabah al-Rafie, membenarkan berita penculikan dubesnya di Tripoli. Tanpa menyebutkan keterangan detail, dia mengatakan bahwa pemerintah Jordania akan memantau perkembangan peristiwa ini bersama otoritas Libya.

Aksi penculikan marak di Libya sejak pemerintahan diktator Mohammar Gadhafi terguling pada tahun 2011. Pihak yang menjadi sasaran biasa adalah para pejabat Libya, namun terkadang para diplomat dan jurnalis juga turut menjadi sasaran penculikan, ancaman dan serangan. (mm/dailystar/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*