Somalia army in MogadishuGalkayo, LiputanIslam.com – Dua staf Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Urusan Kejahatan Narkoba (UNODC) ditembak mati oleh kawanan bersenjata tak dikenal di Somalia tengah. Pejabat setempat Mohamed Mire said dan saksi mata mengatakan bahwa  dua staf UNODC berkewarganegaraan Perancis dan Inggris itu ditembak mati ketika baru keluar dari pesawat terbang di bandara kota Galkayo, 575km utara Mogadishu.

“Dua pria itu ditembak di lokasi sebelar bandara tak lama setelah mereka turun dari pesawat,” tutur Mohamed, seperti dikutip AFP Senin (7/4). Dia menambahkan bahwa satu di antara keduanya tewas di tempat, sedangkan yang lain tewas akibat luka yang dideritanya ketika dilarikan ke rumah sakit.

Wakil PBB di Somalia, Nicholas Kay, mengecam keras pembunuhan ini. “Rekan kami di PBB itu bekerja untuk mendukung aspirasi rakyat Somalia untuk perdamaian dan stabilitas masa depan. Serangan tak berperasaan seperti ini sama sekali tidak dapat dibenarkan,” tandas Kay.

Hingga kini belum ada kelompok yang menyatakan bertanggungjawab atas penembakan itu, dan belum diketahui pula motivasi di balik penyerangan.

UNODC bekerja untuk memerangi pembajakan di negara bagian Puntland, Somalia. Pekan lalu lembaga ini  membuka dan meresmikan penjara baru Garowe, ibu kota Puntland, yang telah dibangun untuk memenjarakan para bajak laut yang telah dijatuhi hukuman di negara-negara lain di kawasan itu, terutama Seychelles. UNODC menyatakan penjara itu merupakan bagian penting dari program kejahatan maritim di Tanduk Afrika.

Staf PBB sering menjadi sasaran serangan di Somalia. Pemerintah Somalia sendiri rapuh sehingga  didukung pasukan Uni Afrika dalam upaya memberantas kelompok ekstrimis al Shabaab yang merupakan cabang al-Qaida. Negara ini tidak memiliki pemerintahan pusat yang efektif sejak 1991 sampai Agustus 2012. Pada September 2012, parlemen Somalia memilih Hassan Sheikh Mohamud sebagai presiden baru negara ini.

Februari lalu setidaknya enam orang tewas akibat serangan bom mobil bunuh diri yang ditujukan kepada konvoi PBB dekat dengan bandara internasional Mogadishu. Korban tewas antara lain empat petugas keamanan setempat yang bekerja untuk PBB. (mm/presstv/theguardian)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL