bom abuja nigeriaAbuja, LiputanIslam.com – Serangan teror dahsyat mengguncang Abuja, ibu kota Nigeria. Dua ledakan kuat menerjang dan memorak porandakan sebuah terminal bus padat calon penumpang di pinggiran kota Abuja, menyebabkan sedikitnya 71 orang tewas dan 124 lainnya menderita luka-luka Senin pagi waktu setempat (14/4/2014).

Bom meledak ketika para pengunjung terminal hendak menaiki bus dan taksi menuju tempat kerja di pusat kota Abuja. Para saksi mata mengatakan banyak mayat bertebaran di lokasi peristiwa. Kepolisian setempat mengatakan ledakan itu juga menghancurkan 16 unit bus serta 24 unit minibus dan mobil.

Seorang pejabat setempat menduga bom itu ditanam di dalam tanah, sedangkan Badan Bantuan Darurat menyatakan bahan peledak kemungkinan disembunyikan dalam mobil.  Ledakan juga menyisakan lobang di tanah sedalam 1,2 meter.

Dahsyatnya serangan ini membuat Presiden Nigeria Goodluck Jonathan segera meninjau terminal. Belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan ini. Namun,  Presiden Nigeria menuding kelompok Boko Haram sebagai pelaku serangan, apalagi militan ekstrim yang biasanya beraksi di wilayah timur laut Nigeria ity sebelumnya pernah menebar ancaman akan menyerang ibu kota Nigeria.

Kepala Badan Bantuan Darurat Abuja, Abbas Idris, mengkonfirmasi jumlah korban tewas sebanyak 71 orang dan korban luka 124 orang.

“Selama hidup saya belum pernah menyaksikan (kejadian) seperti ini. Ini benar-benar mengerikan,” tutur seorang saksi mata yang dikutip BBC.

Tahun ini militan Boko Haram sudah membunuh lebih dari 1,500 warga sipil di tiga negara bagian timur laut Nigeria. Kelompok yang mengaku  “jihadis” itu juga pernah beberapa kali menebar kekerasan di Abuja, termasuk menyerang gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2011. (mm/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL