nigeria kidnappingAbuja, LiputanIslam.com – Berbagai kekuatan dunia mulai turun tangan untuk upaya pencarian dan penyelamatan ratusan gadis korban penculikan di Nigeria. SetelahAmerika Serikat (AS), kini Cina menyatakan bergabung dalam upaya pencarian lebih dari 200 gadis remaja yang diculik Boko Haram, sebuah kelompok ekstrimis Muslim yang sepanjang pekan ini juga telah membantai ratusan orang di Nigeria.

Di tengah kegusaran khalayak internasional atas tindakan keji tersebut, AS, Inggris, dan Perancis juga telah mengirim tim ahli ke Nigeria. Sedangkan Cina berjanji akan menyuplai Nigeria dengan “segala informasi yang didapatkan dari satelit-satelit maupun dinas intelijennya”.

Protes dan tekanan di dalam dan luar negeri tak urung juga memaksa pemerintah Nigeria untuk bertindak lebih proaktif. Kepolisian Nigeria Rabu lalu menjanjikan hadiah $300,000 kepada siapapun yang memberikan informasi mengenai keberadaan para korban. Sedangkan, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan bersumpah untuk menumpas Boko Haram. Dia menyatakan negaranya pasti menang dalam perang melawan teroris.

Saat bicara di Forum Ekonomi Dunia di Abuja Selasa lalu dia juga menyatakan apresiasinya kepada dukungan negara-negara dunia terhadap perang melawan Boko Haram.

“Sebagai sebuah bangsa kami sedang berhadapan dengan serangan dari para teroris. Saya percaya bahwa aksi penculikan anak-anak gadis ini akan menjadi awal dari berakhirnya teror di Nigeria.”

Sayangnya, Presiden Jonathan belum dapat memberikan keterangan mengenai di mana para korban di bawah umur itu berada.
Seperti pernah diberitakan, milisi Boko Haram semula menculik sebanyak 276 gadis remaja di sebuah asrama sekolah menengah di kota terpencil Chibok, Nigeria, 14 April lalu, tapi kemudian 53 diantaranya dilaporkan berhasil kabur. Dalam kasus terbaru, Boko Haram juga menculik sedikitnya 11 gadis di kawasan Gwoza di timur laut negara bagian Borno.

Tak puas dengan aksi itu, milisi Boko Haram Rabu lalu dilaporkan telah menebar petaka lagi dengan menyerbu kota kecil Gamboru Ngala hingga menjatuhkan sekitar 300 korban tewas serta membuat banyak rumah, bangunan dan fasilitas umum hangus terbakar. (mm/alalam/aljazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL