Abuja, LiputanIslam.com – Nigeria terus didera aksi teror. Di tengah keresahan publik negara ini terhadap kasus penculikan ratusan siswa sekolah menengah kota Chibok, sebuah bom mobil tiba-tiba menggelegar lagi di ibu kota negara ini, Abuja, mengakibatkan sedikitnya 16 orang tewas Kamis sore waktu setempat (1/4/2014).

Ledakan terjadi di sebuah terminal bus Nyanya yang terletak di pinggiran kota Abuja, yaitu lokasi serangan serupa yang menewaskan sedikitnya 75 orang pada 14 April lalu. Saksi mata menyebutkan bahwa ledakan terjadi di sebuah lokasi dekat pos pemeriksaan.

Sejauh ini belum ada kelompok yang menyatakan bertanggungjawab atas serangan tersebut, namun serangan yang terjadi sebelumnya di tempat yang sama diakui kelompok Islamis radikal Boko Haram sebagai hasil operasi serangan terornya.

Menurut laporan wartawan BBC, Nyanya merupakan kawasan yang dihuni oleh penduduk dari berbagai agama, karena itu tidak jelas mengapa kawasan itu menjadi target serangan.

Serangan kali ini terjadi beberapa hari menjelang Abuja menjadi tuan rumah World Economic Forum on Africa yang antara lain akan dihadiri Perdana Menteri Cina Li Keqiang sebagai tamu kehormatan. Pemerintah Nigeria telah mengerahkan 6,000 personil kepolisian untuk mengamankan perhelatan yang dijadwalkan berlangsung 7-9 Mei tersebut. Pada forum itu para pemimpin dunia, pembuat kebijakan, donator dan pebisnis mengagendakan pembahasan mengenai prospek pertumbuhan ekonomi Afrika. (mm/gateahram/bbc/huffingtonpost)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL