kepala-polisi-malaysia-khalid-abu-bakar-ttg-isisKuala Lumpur, LiputanIslam.com –  Kepala Polisi Nasional Malaysia, Tan Sri Khalid Abu Bakar mengabarkan bahwa sekitar 50-60 anggota kelompok teroris takfiri ISIS asal Malaysia di Suriah dan Irak berharap dapat pulang ke Malaysia, namun harapan ini sulit mereka penuhi karena nyawa mereka terancam jika keinginan mereka untuk pulang diketahui oleh rekan-rekan mereka sesama anggota ISIS.

“Mereka sudah berjanji ketika bergabung dengan ISIS, dan akan menerima hukuman mati dari rekan sesama milisi jika hendak lari atau meninggalkan kelompok itu,” ungkap Khalid dalam konferensi pers  bertema “Keamanan Nasional” di Universitas Islam Internasional Malaysia (IIUM), Kuala Lumpur, Kamis (24/11/2016).

Menurutnya, seandainya tersedia jalan maka polisi Malaysia akan berusaha membantu mereka.

“Sebagai negara yang bertanggung jawab kepada rakyatnya, jika ada jalan, polisi akan membantu mereka, karena mereka adalah warga negara kita. Meskipun kami memahami bahwa sebagian dari mereka telah membakar dan menyobek paspor mereka. Banyak yang ingin kembali, dan berusaha untuk melakukannya. ”

Dia menambahkan, “Mereka harus menemukan cara mereka sendiri, karena mereka tidak diperbolehkan  pulang, (karena mereka) akan dibunuh oleh ISIS.”isis-malaysia

Khalid memastikan polisi tetap akan menindak mereka secara hukum jika mereka dapat kembali ke Malaysia, karena mereka telah melanggar hukum.

Khalid mengatakan ada 60 warga Malaysia yang terdeteksi bergabung dengan ISIS di Suriah.

“14 orang di antaranya adalah pelaku bom bunuh diri yang dilaporkan sudah tewas di Suriah ketika menyebarkan propaganda dan paham mereka,” ujar Khalid.

Dia juga menyebutkan bahwa sejauh ini tak kurang dari 260 anggota ISIS telah ditahan dan sedang menjalani hukuman di Malaysia. Namun, para pengamat menduga jumlah yang sebenarnya lebih besar daripada jumlah resmi itu. (mm/ newstraitstimes/Channel News Asia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL