NewDelhi,LiputanIslam.com-Kantor berita Reuters melaporkan, wakil AS di PBB mengingatkan perdana menteri India soal pentingnya memutus ketergantungan India kepada minyak Iran.

Dalam pertemuan dengan Narendra Modi, Nikki Haley mengatakan bahwa Washington berusaha memberikan izin kepada New Delhi untuk menggunakan salah satu pelabuhan Iran (Chabahar) sebagai jalur transportasi perniagaan menuju Afghanistan.

Menurut laporan Reuters, pelabuhan Chabahar di Iran sedang dikembangkan dengan investasi dari India. Pelabuhan ini merupakan bagian dari jalur baru transportasi India-Afghanistan.

Haley tiba di India pada Selasa (26/6) dalam rangka lawatan selama tiga hari. Sejumlah sumber mengabarkan, dia akan berunding dengan India terkait kesepakatan nuklir Iran (JCPOA).

Kementerian luar negeri AS sendiri mengumumkan, pertemuan Haley dengan para pejabat India akan membahas topik peningkatan hubungan strategis, keamanan, pertahanan, dan tentu saja, JCPOA.

Baru-baru ini para petinggi pemerintahan India menyatakan, New Delhi bermaksud ‘mengakali’ sanksi-sanksi AS atas Iran dengan membayar sebagian uang minyak Iran dengan mata uang rupee. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*