Washington,LiputanIslam.com-Situs berita al-Ahed melaporkan, pemerintah AS telah menghentikan bantuan militer untuk tentara Pakistan.

Berdasarkan laporan ini, penghentian bantuan senilai 300 juta dolar itu dilakukan atas instruksi dari presiden AS, Donald Trump.

Terkait penyebab penghentian bantuan itu, pemerintah AS menyatakan bahwa “Pakistan tidak mengambil langkah tegas untuk memerangi kelompok-kelompok bersenjata.”

Keputusan AS ini diambil hanya sehari setelah berakhirnya kunjungan menteri luar negeri Iran ke Pakistan.

Terkait dengan hasil lawatan ke Pakistan, Mohammad Javad Zarif dalam laman Twitter-nya mengaku, dia telah melakukan sejumlah pertemuan bermanfaat dengan perdana menteri, panglima tentara, ketua parlemen, menlu, dan menteri ekonomi Pakistan.

Lawatan Zarif ke Pakistan adalah kunjungan pejabat diplomatik pertama ke negara itu pasca berkuasanya pemerintahan baru yang dipimpin Imran Khan.

Para analis berpendapat, kunjungan menlu Iran ke Pakistan, yang berbarengan dengan dimulainya tugas pemerintahan baru, adalah kesempatan untuk memperkuat hubungan Teheran-Islamabad di masa ‘latihan demokrasi’ negara tersebut.

Menurut para pakar, kunjungan para pejabat tingkat tinggi kedua negara ini bisa membantu kedua pihak dalam menghadapi tantangan regional dan internasional. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*