Teheran,LiputanIslam.com-Dilansir dari Reuters, harga minyak mentah Brent Laut Utara turun lebih dari satu persen, Senin pagi ini (8/10). Hal ini terjadi menyusul kabar kemungkinan Washington akan memberikan keringanan kepada para pengekspor minyak Iran.

Sebelum ini sempat tersiar kemungkinan Saudi akan meningkatkan produksi minyaknya guna menutupi defisit ekspor minyak Iran.

Harga minyak mentah Brent Laut Utara turun sebanyak 90 sen (1,1 persen) menjadi 83,26 dolar per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) juga turun sebanyak 54 sen (0,7 persen) menjadi 73, 80 dolar per barel.

Washington berupaya memberlakukan sanksi-sanksi baru atas Iran pada November mendatang, dengan tujuan membawa ekspor minyak Iran hingga titik nol. Namun pada Jumat (5/10) pekan lalu, seorang pejabat pemerintah AS mengatakan, Washington akan memberikan keringanan kepada negara-negara telah berupaya mengurangi nilai impor minyak dari Iran.

Dalam perkembangan lain, yang menunjukkan sedikitnya pengaruh tekanan AS terhadap para konsumen minyak Iran, Reuters melaporkan bahwa India akan membeli 9 juta barel minyak Iran di bulan mendatang. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*