Doha,LiputanIslam.com—Amerika telah menandatangani surat perjanjian jual beli jet tempur F-15 kepada Qatar senilai 12 milyar dolar. Transaksi jual beli ini justru dilakukan saat konflik antara Qatar dan beberapa negara teluk, termasuk Arab Saudi, sedang berlangsung sengit. Anehnya, Presiden Amerika, Donald Trump, sebagai sosok yang berada di kubu koalisi Arab Saudi malah menjadi pihak yang menjual senjatanya kepada Qatar.

Menteri Pertahanan Qatar mengatakan pada Rabu (14/6) bahwa negaranya telah menandatangani kesepakatan pembelian jet tempur F-15 dari Washington senilai 12 milyar dolar.

Berdasarkan atas laporan dari kantor berita resmi Qatar (QNA), kesepakatan tersebut telah ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Qatar, Khalid al-Attiyah, dan kolega Amerikanya, James Mattis, di Washington.

Pentagon juga menyatakan bahwa penjualan tersebut akan memberikan Qatar “kemampuan mutakhir dan meningkatkan kerjasama keamanan” antara Doha dan Washington.

Selain itu, Attiyah dan Mattis juga sempat membicarakan operasi militer melawan kelompok teroris Daesh sebagai sebuah langkah penting untuk menurunkan tensi “kegaduhan” yang sedang melanda negara-negara teluk.

Attiyah mengatakan bahwa “kesepakatan antara Qatar dan Amerika juga membahas kerja sama militer antara kedua negara untuk melawan gerakan-gerakan ekstremisme.”

Anehnya, kesepakatan jual beli jet tempur ini dilakukan setelah Presiden AS menuduh Qatar sebagai sponsor utama gerakan terorisme. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL