Washington,LiputanIslam.com-Sejumlah pejabat dan pakar AS mengatakan, para sekutu Iran dan sebagian negara Eropa berupaya merancang cara untuk ‘mengakali’ sanksi atas Iran.

Menurut laporan Washington Free Beacon, Haider al-Abadi (PM Irak) adalah pejabat regional terbaru yang mengecam embargo atas Iran dan menyatakan dukungannya untuk Teheran.  Al-Abadi menegaskan,”Kami tidak berkomitmen atas semua sanksi AS atas Iran.”

Kelompok-kelompok Irak yang dekat dengan Iran juga bersikap serupa. Abu Ali al-Wala (sekjen kelompok Kataib Sayyid al-Syuhada) menentang embargo ini dan berkata,”Kami berusaha untuk menghilangkan kendala-kendala.”

Para pejabat Turki juga mendapat arahan dari Recep Tayib Erdogan untuk membantu Teheran dan mengakali embargo baru AS atasnya. Langkah ini juga merupakan bentuk ketegangan diplomatik antara Ankara dan Washington.

Sumber-sumber intelijen mengatakan, dengan semakin dekatnya tanggal 5 November, yaitu saat sejumlah embargo baru akan diberlakukan atas Iran, para sekutu regional Teheran dan beberapa negara Eropa berupaya mencari solusi untuk menghindari sanksi. Hal ini dikabarkan memicu amarah Kongres AS dan pemerintahan Trump.

Seorang pejabat AS yang aktif dalam program sanksi atas Iran mengatakan, Washington berharap agar para sekutu mendukungnya melawan rezim Iran. Dia mengancam bahwa AS tak akan lupa siapa saja yang tak bersedia mengikuti langkah Washington dalam menghadapi Iran. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*