Washington,LiputanIslam.com-Penasihat keamanan nasional Gedung Putih mengumumkan, AS berencana menghentikan bantuan untuk anggaran kantor komisioner HAM PBB.

Menurut laporan Associated Press, ini adalah langkah terbaru pemerintahan Donald Trump terhadap lembaga-lembaga yang berafiliasi ke PBB.

John Bolton mengatakan, dengan dihentikannya bantuan dari AS ini, komisioner HAM PBB akan kehilangan penyokong dana terbesarnya.

AS selama ini menyediakan sekitar 22 persen dari keseluruhan anggaran komisioner HAM PBB.

Dalam wawancara pada Kamis (23/8), Bolton mengatakan, para pejabat AS menghitung berapa anggaran AS yang diserap kantor komisioner dan dewan HAM PBB (yang memiliki 47 anggota), kemudian akan mengurangi anggaran tersebut.

Berdasarkan laporan-laporan, Michelle Bachelet (Chili) akan menggantikan Zeid Raad al-Hussein sebagai komisioner HAM PBB pada bulan mendatang.

Bolton tidak menyinggung alasan Washington menghentikan bantuan untuk komisoner HAM PBB. Namun sejak Trump diangkat sebagai presiden AS, dia selalu mengkritik anggaran yang disiapkan Washington untuk PBB dan lembaga-lembaga internasional. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*