Washington,LiputanIslam,com-Penasihat ekonomi Donald Trump, Larry Kudlow, pada Minggu (14/10) menyatakan, AS sangat serius untuk menjatuhkan sanksi atas Saudi. Keputusan ini diambil menyusul hilangnya jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

Sebelum ini, Trump mendapat tekanan dari media soal reaksi Gedung Putih terhadap kemungkinan dibunuhnya Khashoggi. Pada hari Sabtu lalu (13/10), Trump mengatakan, jika terbukti bahwa Saudi memang membunuh Khashoggi, Riyadh akan “dijatuhi hukuman berat.”

Kendati demikian, Trump menegaskan, dirinya tak akan menghentikan penjualan senjata kepada Saudi.

“Jelas bahwa dia (Trump) sangat serius,”ujar Kudlow saat diwawancarai di acara Fox News Sunday.

“Kami tidak ingin terburu-buru memvonis. Jika Saudi memang terlibat, maka Trump akan memutuskan tindakan yang relevan. Sekarang saya tidak tahu. Barangkali sekarang seorang pun tak tahu soal ini. Namun, Anda harus menganggap serius ucapannya (Trump),”kata Kudlow.

Menurutnya, seperti dilansir Politico, Trump akan segera bertindak jika terbukti Saudi berperan dalam pembunuhan atau pencederaan Khashoggi.

“Ini adalah strategi Trump. Percayalah kepada apa yang dikatannya.”ujarnya.

Sejak tahun lalu, Khashoggi, yang kerap mengkritik kebijakan Muhammad bin Salman, memilih untuk menetap di AS. Dia dikabarkan hilang sejak dua pekan lalu usai memasuki konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Berdasarkan laporan-laporan dari media yang dekat dengan pemerintah Turki, ada kemungkinan Khashoggi disiksa dan dibunuh setelah masuk gedung konsulat. Konon, tubuhnya dimutilasi dan dibawa keluar dari gedung tersebut. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*