Washington,LiputanIslam.com—Pemerintah AS akhirnya menyetujui penjualan senjata militer kepada Arab Saudi senilai 500 Juta dolar As.

“Departemen AS telah memberikan persetujuan seputar penjualan senjata kepada Arab Saudi senilai 500 juta dolar As,” tulis pernyataan yang dilansir oleh Dewan Kerjasama Pertahanan AS pada Rabu (17/1).

Penjualan senjata ini terjadi pasca Arab Saudi Meminta Amerika untuk memberikan dukungan militer kepada negaranya. Dukungan militer yang diinginkan adalah: Program Pengawasan Langan (FSP), Patriot Advance 3 (PAC-3, serta Program pelayanan teknik (ESP). Paket pembelian tersebut juga meliputi suku cadang sistem rudal dan berbagai kebutuhan logistik dan perbaikan.

“Penjualan ini akan mendukung kebijakan luar negeri AS serta menjaga keamanan nasional dengan cara memperbaiki keamanan negara sahabat yang menjadi kekuatan penting tegaknya stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi di Timur Tengah,” tulis pernyataan tersebut.

Pada masa Presiden Sebelumnya, Barack Obama, Amerika sempat menghentikan transaksi penjualan senjata kepada Arab Saudi. Sebab, Arab Saudi tengah melakukan agresi militer kepada Yaman. Tetapi, pada Maret 2017 lalu, Amerika di bawah kepemimpinan Trump kembali menjual senjata militer kepada Arab Saudi. (fd/al-alam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*