NewYork,LiputanIslam.com-Sidang umum PBB pada Jumat (16/11) mengesahkan kuasa Suriah atas Dataran Tinggi Golan dengan suara mayoritas. Sidang umum ini juga membatalkan semua tindakan yang diambil Rezim Zionis terkait kawasan tersebut.

151 negara menyepakati resolusi tersebut dan hanya dua pihak yang menolak (AS dan Israel). Pemerintah-pemerintah AS sebelumnya hanya bersikap abstain terhadap resolusi ini.

Seperti negara-negara lain, pemerintah AS juga tidak mengakui kekuasaan Tel Aviv atas Golan di Perang Enam Hari antara Arab-Israel. Dalam beberapa waktu terakhir, Rezim Zionis melakukan kampanye skala besar untuk menarik simpati kongres AS dan Donald Trump guna mengakui kepemilikan Israel atas Golan. Tampaknya, perubahan suara wakil AS di PBB menunjukkan ‘keberhasilan’ lobi-lobi Israel ini.

Wakil AS di PBB mengumumkan, Washington menolak resolusi ini agar “tidak berpihak secara ekstrem kepada para penentang Israel.” Bagaimanapun juga, Danny Danon (wakil Israel di PBB) segera mengapresiasi sikap pemerintah Trump ini.

Resolusi Golan adalah salah satu dari 9 resolusi yang dibahas Komisi IV Sidang Umum PBB pada Jumat kemarin. Delapan resolusi lainnya berkaitan dengan dukungan untuk Palestina dan kecaman terhadap kekerasan Israel terhadap warga Palestina. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*