NewYork,LiputanIslam.com-Dubes Venezuela di PBB mengatakan, pemerintah AS telah membekukan semua rekening bank milik organisasi-organisasi diplomatik negaranya di AS.

“Semua rekening kami telah ditutup. Kami bahkan tidak bisa membayar gaji para pegawai,”kata Samuel Moncado, Rabu (11/4).

Menurut Moncado, langkah AS ini telah mengganggu aktivitas diplomatik Venezuela. Ia menyebutnya sebagai bentuk pelanggaran Washington terhadap komitmen sebagai tuan rumah sebuah lembaga internasional.

Moncado juga mengabarkan, para diplomat Venezuela tidak lagi leluasa untuk mondar mandir di AS.

Beberapa jam sebelum ini, Mike Pence (wakil presiden AS) meminta agar PBB membatalkan kredensi anggota pemerintah Nicolas Maduro (presiden sah Venezuela) di lembaga internasional tersebut.

Pence juga menuntut agar PBB mengakui Juan Guaido (pemimpin oposisi Venezuela) sebagai presiden negara di Amerika Latin tersebut.

Perseteruan Caracas-Washington kian meruncing usai AS mengakui deklarasi sepihak Guaido sebagai presiden Venezuela.

Menyusul deklarasi Guaido, AS meminta negara-negara lain untuk mendukung kelompok oposisi Venezuela. Di sisi lain, sejumlah negara sepert Rusia, Iran, dan China menyuarakan dukungan untuk Maduro. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*