Washington,LiputanIslam.com-Juru bicara Gedung Putih mengumumkan, delegasi AS tidak akan menghadiri pertemuan internasional ekonomi di Davos, Swiss, lantaran situasi shutdown yang masih dijalani pemerintahan AS.

“Mengingat bahwa 800 ribu karyawan AS belum mendapatkan gaji, delegasi AS tidak akan pergi ke Davos, supaya bisa membantu Presiden jika dibutuhkan,”kata Sarah Huckabee Sanders, Kamis (17/1).

Sebelum ini, Donald Trump juga sempat menyatakan dirinya tak akan datang ke Davos. Namun, rencananya sejumlah pejabat AS seperti menteri keuangan, luar negeri, perdagangan, dan selainnya akan menghadiri pertemuan tersebut.

Berita batalnya kepergian delegasi AS ke Swiss mencuat usai banjir kecaman atas sikap Trump kepada Nancy Pelosi. Ketua Majelis Perwakilan AS ini berniat mengunjungi sejumlah negara yang dilanda perang (seperti Afghanistan), namun dihalang-halangi Trump.

Kondisi shutdown pemerintah AS yang diumumkan Trump telah memasuki hari ke-27. Trump menyatakan, dia tidak akan memberikan pesawat pemerintah untuk digunakan Pelosi mengunjungi Brussels, Afghanistan, dan Mesir. Keputusan ini diambilnya sebagai reaksi atas penentangan Partai Demokrat terhadap pengajuan anggaran senilai 5,6 milyar dolar untuk pembangunan tembok di perbatasan AS-Meksiko.

Tampaknya, pertemuan tahunan ekonomi dunia Davos ini akan menjadi sebuah “pertemuan spesial,” lantaran absennya AS dan Inggris. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*