Ankara,LiputanIslam.com—Amerika Serikat kembali memberikan ancamannya kepada Turki akibat rencananya untuk membeli sistem pertahanan rudal buatan Rusia, S-400. AS mengancam akan menghentikan pengiriman jet tempur F-35 miliknya ke Turki, jika negara itu masih melanjutkan proses jual beli ke Rusia.

Departemen Pertahanan AS mengumumkan pada Selasa kemarin (26/6) bahwa Turki akan dikenakan sanksi karena menjalin kerjasama dengan industri pertahanan Rusia.

“Kami akan memperjelas hal ini. Akan ada konsekuensinya, jika Turki membeli S-400 dari Rusia,” ucap Asisten Sekneg Eropa dan Eurasia, Mitchell.

Sistem pertahanan S-400 adalah sistem anti rudal tercanggih buatan Rusia yang mampu mendeteksi dan menghancurkan pesawat, drone, atau pun rudal sejauh 402 km. Hingga saat ini, sistem pertahanan S-400 baru dibeli oleh Cina dan India.

Pada 3 April lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah melakukan persetejuan dengan Vladimir Putin untuk membeli sistem S-400. Pengiriman S-400 rencananya akan dimulai pada akhir 2019 dan awal 2020 nanti. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*