Riyadh,LiputanIslam.com—Pemerintah Arab Saudi telah bersiap untuk memperpanjang jalur pipa minyak melalui Yaman menuju Laut Arab. Sumber-sumber lokal di al-Mahrah mengaku terkejut saat para pasukan Arab Saudi datang ke wilayah itu pada Senin (3/6). Mereka menyebut para pasukan itu bekerja di sepanjang pesisir al-Mahrah untuk mengamankan proses pembuatan jalur pipa minyak yang terhubung dari Arab Saudi dan nantinya langsung menuju Laut Arab.

Pemerintah Arab Saudi telah membangun 20 situs di area tersebut yang tidak boleh didekati oleh warga Yaman. Warga setempat, seperti yang dilaporkan oleh memo, menyebut sempat terjadi bentrokan antara militer Arab Saudi dengan warga Yaman yang menolak pembangunan pipa minyak tersebut.

Al-Araby al-Jadeed, menyebutkan bahwa kepentingan Arab Saudi atas Yaman tidak hanya terkait dengan pembangunan jalur pipa minyak tersebut. Ada banyak sumber minyak di Yaman yang nantinya akan dieksplotasi oleh berbagai perusahaan minyak Arab Saudi. Hingga saat ini, banyak perusahaan minyak Saudi yang telah melirik sumber-sumber minyak di Yaman dan mulai mengumpulkan data untuk proyek besar tersebut. (fd/Memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*