Sanaa,LiputanIslam.com-Koran Rai al-Youm mengungkapkan, orang-orang yang berusaha mencegah kedatangan Stephen O’ Brien, deputi Sekjen PBB untuk urusan kemanusiaan di Yaman, ke kawasan Taizz adalah para antek Saudi.

Menurut laporan koran terbitan London ini, para pelaku yang mencegah masuknya O’Brien ke al-Houban ini berafiliasi kepada Mansour Hadi, mantan presiden Yaman.

Selasa (28/2), media-media Saudi dan sejumlah media yang terkait dengan mereka mengklaim bahwa kelompok al-Houthi menyerang konvoi delegasi PBB di Taizz.

Sebuah sumber resmi di Kemenlu Yaman membantah klaim ini dan menyatakan, justru para antek Saudi yang menembaki konvoi PBB tersebut. Tujuannya adalah menghalangi kelanjutan program O’Brein untuk mengunjungi daerah-daerah yang hancur akibat serangan koalisi Saudi.

Sumber ini menegaskan bahwa serangan ini dilakukan dengan sengaja. Menurutnya, para antek Saudi ini ingin menunjukkan ilustrasi yang tidak akurat terkait Taizz.

Dalam kunjungan kemarin ke Yaman, O’Brein bertemu dan berbincang dengan Abduh Muhammad al-Jundi, gubernur Taizz.

Dalam pertemuan ini, O’Brien menyatakan dia tahu tentang kondisi mengenaskan rakyat di Taizz dan krisis kesehatan yang dialami mereka. Dia berjanji akan membenahi kondisi ini. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL