tedlieuWashington, LiputanIslam.com-Seorang anggota Kongres Amerika menganggap serangan udara Saudi ke Yaman sebagai tindak ilegal.

Ted Lieu, wakil Demokrat dari negara bagian California, menulis surat kepada John Kerry, Menlu Amerika. Dalam suratnya, Lieu menyatakan koalisi pimpinan Saudi telah melakukan 70 serangan ilegal ke Yaman.

Menurutnya, para korban sipil akibat serangan koalisi Saudi kemungkinan “bersumber dari kejahatan perang.”

Dalam surat yang dipublikasikan Rabu (12/10), Lieu menyatakan,”Tampaknya koalisi Saudi sengaja menargetkan warga sipil, atau  tidak bisa membedakan antara target militer dan sipil. Dua-duanya adalah bentuk kejahatan perang.”

Anggota Kongres ini, yang juga mengajarkan UU Perang di Angkatan Udara Amerika, meminta dari Obama untuk menunda kerjasama dengan koalisi Saudi di perang Yaman.

Dilaporkan bahwa serangan udara Saudi di hari Sabtu (8/10) ke sebuah acara takziah di Sanaa menewaskan 144 pelayat dan melukai 520 lainnya.

Menyusul serangan brutal ini, Amerika menyatakan akan segera “memperbarui keputusan” soal dukungannya terhadap Saudi.

Ned Price, juru bicara Dewan Keamanan Amerika, mengatakan,”Amerika tidak memberikan cek kosong dalam kerjasama keamanan dengan Saudi.”

“Kami membantu Saudi dalam melindungi wilayahnya. Tapi kami juga memiliki kekhawatiran serius terkait perang Yaman,”ujarnya.

Banyak orang yakin, pernyataan semacam ini dari pejabat Amerika menunjukkan mereka ingin cuci tangan dari kejahatan Saudi di Yaman.

Ted Lieu juga menghimbau agar penjualan senjata Amerika ke Riyadh harus ditangguhkan sampai penyelidikan Gedung Putih atas serangan ini rampung.

Tanggal 30 Agustus lalu, PBB mengumumkan bahwa sejak agresi koalisi Saudi ke Yaman, lebih dari sepuluh ribu jiwa telah melayang. Kebanyakan korban berasal dari warga sipil. (AF/presstv.fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL