Washington,LiputanIslam.com-Senator senior AS dari Partai Republik kembali mengkritik Muhammad bin Salman (MbS). Lindsey Graham mengatakan, tentara Saudi tidak becus berperang andai tak dibantu AS.

Saat diwawancarai stasiun televisi Fox News, Minggu (9/12), Graham mengutarakan pendapatnya soal pidato direktur CIA di Senat tentang pembunuhan Jamal Khashoggi. Menurutnya, laporan Gina Haspel adalah “laporan terbaik” yang pernah ia dengar soal pandangan MbS terhadap Khashoggi.

“Senator mana pun yang hadir dalam rapat tersebut akan yakin bahwa MbS terlibat dalam pembunuhan Khashoggi,”ujar Graham.

Dia mengatakan, Riyadh juga memburu para pengkritik kerajaan di luar negeri untuk dipulangkan ke Saudi.

Saat ditanya apa reaksi Kongres AS terhadap pembunuhan Khashoggi, Graham menjawab, mereka akan melakukan voting di Senat dan mengungkap keterlibatan MbS dalam kasus tersebut.

“Saya tak akan lagi mendukung penjualan senjata ke Saudi,”akunya.

Graham mengutarakan, dia khawatir jika AS terus menjual senjata ke Saudi, MbS akan menyerahkannya ke Rusia dan China.

“Selama Saudi diwakili MbS, dua partai di kongres AS akan berpandangan negatif soal hubungan dengan Riyadh. Dari sisi strategis, hubungan ini sangat penting. Namun tidak harus dengan mengorbankan segalanya,”ujar Graham.

Saat pembawa acara menyebut Saudi sebagai sekutu terpenting AS untuk melawan Iran, Graham menukas,”Saya ingin bicara terang-terangan kepada Anda. Andai bukan karena (bantuan) AS, orang-orang Saudi sudah berbicara dengan Bahasa Parsi (ditaklukkan Iran) dalam waktu seminggu. Tentara mereka tidak becus berperang.”

“Saudi hanya memenuhi 9 persen kebutuhan minyak kita. Kebutuhan kita kepada mereka jauh lebih sedikit daripada kebutuhan mereka kepada kita,”lanjutnya.

Graham menegaskan, dia tidak setuju bahwa AS harus bekerjasama dengan rezim pembunuh untuk menghadapi Iran. Justru sebaliknya, kata dia, hubungan AS dan MbS akan merugikan upaya Washington untuk menangani Timur Tengah. (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*