Potret peta Arab Saudi (sumber:google)

Riyadh,LiputanIslam.com—Kamis kemarin (5/10), rombongan Arab Saudi berkunjung ke Rusia. Kunjungan ini mengingatkan kita tentang bentangan hubungan mesra yang pernah terjadi antara Arab Saudi dan Rusia, bahkan Uni Soviet (cikal bakal negara Rusia) merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Arab Saudi yang waktu itu dipimpin oleh Raja Abdul Aziz. Keterangan ini disampaikan oleh Leonid Issaev, seorang penulis di media al-Jazeera, pada Rabu lalu (4/10). Memang aneh, kerajaan Saudi yang berdiri atas nama Islam waktu itu dapat “bermesraan” dengan Uni Soviet yang menganut paham sosialis-komunis.

Issaev mengatakan bahwa hubungan diplomatik antara Soviet dan Kerajaan Hijaz dan Nejd (Nama untuk negara Saudi sampai tahun 1932) sempat terjalin mesra, sebelum akhirnya pemimpin Soviet mengeksekusi mati seorang teman dekat Raja Saudi, karim Khakimov, yang waktu itu menjabat sebagai utusan Soviet untuk Arab Saudi pada tahun 1938.

“Hubungan antara kedua negara ini kembali membaik saat runtuhnya Uni Soviet dan terbentuknya Federasi Rusia pada 1991,” ucapnya dalam artikel yang diterbitkan oleh portal berita al-Jazeera tersebut. Selebihnya, Issaev mengungkapkan bahwa sekalipun Federasi Rusia telah terbentuk dan hubungan kedua negara telah membaik, Raja Saudi belum pernah melakukan kunjungan ke negara ini. Kunjungan yang tempo hari dilakukan adalah kunjungan pertama Raja Saudi ke Rusia.

Dalam kunjungan tersebut, kabarnya Raja Salman bin Abdul Aziz menandatangani perjanjian awal dengan pemerintah Rusia untuk pembelian sistem pertahanan udara tipe S-400 buatan Rusia. Sistem serupa, kemungkinan juga akan dibuat di Saudi.

Tak hanya itu, menurut laporan perusahaan industri militer Saudi, perjanjian ini antara lain juga akan membeli sistem Kornet-em anti tank, senapan Kalashnikov AK-103, serta menjamin “sistem teknologi” dan penyelenggaraan “program pelatihan” untuk Saudi. (Fd/al-Jazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL