TelAviv,LiputanIslam.com-Dalam beberapa bulan terakhir, tentara Rezim Zionis terus terlibat konflik dengan kelompok-kelompok pejuang Palestina, termasuk Hamas dan Jihad Islam. Konflik ini mendorong petinggi militer Israel untuk merencanakan serangan darat ke Gaza. Sejauh ini, dalam tiap konflik dengan pejuang Palestina, Tel Aviv selalu terpaksa menerima gencatan senjata.

Yossi Melman, analis masalah keamanan di harian Maariv, juga menyinggung kemungkinan serangan darat ke Gaza, Selasa (2/4). Meski demikian, ia meragukan kemampuan tentara Israel untuk menduduki Jalur Gaza.

“Ada banyak keraguan soal kesanggupan tentara Israel untuk menguasai Gaza dan menamatkan riwayat Hamas. Bahkan jika itu terjadi, pemikiran dan ide Hamas tak akan pernah lenyap. Siapa yang akan menggantikan Hamas dalam mengatur Gaza? PLO?”kata Melman.

Menurutnya, Mesir sekalipun tak bersedia untuk mengurus Gaza. Jika Rezim Zionis menduduki kawasan itu, maka mereka harus membentuk pemerintahan militer, memberi makan dua juta warga Gaza, serta memberikan layanan pendidikan, kesehatan, energi, dan pangan.

“Daripada memikirkan skenario serangan ke Gaza, sebaiknya mereka mencari cara mencegah perang,”kata Melman, ditujukan kepada para petinggi militer Israel. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*