Tel Aviv,LiputanIslam.com—Sebuah laporan terbaru menyebutkan pada Senin (7/5) bahwa Menlu Israel telah meresmikan sebuah halaman di Facebook yang bertujuan untuk menggiring opini publik warga Irak demi kepentingan rezim Tel Aviv.

Para analis percaya bahwa kebijakan ini sejalan dengan upaya yang sedang dilakukan oleh rezim Israel untuk membersihkan citranya di dunia Arab serta membangun hubungan dengan beberapa negara Arab di wilayah Teluk.

Para diplomat yang enggan disebutkan namanya di Yerussalem al-Quds mengatakan bahwa page berbahasa Arab itu akan menjadi kedutaan versi digital Israel untuk Irak, meski sampai saat ini Israel secara formal masih menganggap Irak sebagai negara musuh.

Berdasarkan atas keterangan para diplomat itu, beberapa bulan terakhir, Israel tengah berupaya mendekati Irak dan menganggap bahwa rakyat Irak tertarik untuk menjalin hubungan dengan Israel.

Sementara itu, Yonatan Gonen, pimpinan divisi digital Kemenlu Israel menyatakan bahwa tujuan pembuatan page ini adalah untuk menyediakan informasi seputar Israel kepada warga Irak.

Saat ini, beberapa negara Arab, khususnya Arab Saudi, telah mulai memperbaiki hubungannya dengan Israel di saat rezim tersebut dianggap sebagai perebut al-Quds oleh negara-negara Arab. Dalam sebuah wawancara dengan Atlantic pada 2 April lalu, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman telah mengakui Israel dan menyatakan Israel berhak mendapatkan tanah mereka. Dalam wawancara itu, Salman mengatakan bahwa kerajaan Saudi tidak punya masalah dengan orang-orang Yahudi dan ada banyak hal menarik yang bisa dibagi dengan Israel. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*