Washington,LiputanIslam.com-Seorang analis terkemuka AS angkat bicara soal ancaman serangan pejabat Saudi terhadap Iran. Aaron David Miller, direktur Program Timur Tengah di institut Wilson, mengatakan bahwa tanpa adanya sokongan AS, Saudi bukan apa-apa.

Anwar Eshki, pensiunan jenderal Saudi dan ketua pusat riset strategis Riyadh, kemarin menyatakan bahwa negaranya memiliki rudal-rudal balistik Dongfeng. “Empat rudal ini sudah cukup untuk meratakan Teheran dengan tanah. Namun Saudi tidak menghendaki skenario ini,”ujarnya.

Pernyataan Eshki adalah kelanjutan dari sesumbar para pejabat Saudi lain. Baru-baru ini, Muhammad bin Salman di AS mengatakan, jika perluasan pengaruh Iran tak bisa dihadang, Saudi akan berperang dengan negara itu dalam 10-15 tahun ke depan.

Miller dalam akun Twitter-nya menulis,”Meski memiliki anggaran militer terbesar ketiga di dunia, Saudi masih tak punya alasan untuk sesumbar. Andai bukan karena dukungan AS, mereka akan runtuh seperti rumah kartu. Lihat apa yang terjadi saat AS tidak merespon invasi Saddam ke Kuwait.”

Cuitan Miller merujuk kepada serangan pemerintah Baath Irak ke Kuwait pada tahun 1990. Saat itu, Saddam menginvasi Kuwait dengan dalih negara kaya itu tak bersedia menghapus hutang Irak senilai 30 milyar dolar.

Di masa itu tak satu pun negara-negara Arab Teluk yang berinisiatif membantu Kuwait, dan di lain pihak, Saddam juga tak mengindahkan resolusi-resolusi PBB.

Akhirnya AS membentuk koalisi internasional dan memerangi pasukan yang mereka sokong untuk mengagresi Iran selama 8 tahun, hingga Saddam terusir dari Kuwait.

Saudi pada tahun 2017 menghabiskan dana lebih dari 63 milyar dolar untuk belanja militer. Kendati memiliki fasilitas militer modern, negara ini menghadapi masalah dalam sumber daya manusia.

Sebagai contoh, angkatan udara Saudi terpaksa menggunakan jasa para pilot Pakistan untuk menerbangkan jet-jet F-15 dan Tornado mereka guna membombardir rakyat Yaman. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL