Doha,LiputanIslam.com—Amir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, sedang melakukan kunjungan ke Malaysia selama dua hari. Kedatangannya ke Malaysia ditemani oleh para pengusaha dan anggota kabinet. Dalam kunjungan yang berlangsung pada Senin (16/10) ini, Sheikh Tamim berencana untuk mengadakan pertemuan dengan para pemimpin negeri Jiran tersebut guna menguatkan hubungan bilateral antar kedua negara, khususnya seputar energi, ekonomi, dan investasi.

Qatar dan Malaysia sesungguhnya telah menjalin hubungan yang baik dalam banyak hal. Dalam bidang ekonomi:

-Pada tahun 2011, Qatar dan Malaysia membentuk dana investasi gabungan senilai 2 milyar dolar AS.

-Pada tahun 2016, total nilai perdagangan yang terjadi antara Qatar dan Malaysia mencapai 566 juta dolar as. Bahkan Kantor Berita Resmi Qatar (QNA) melaporkan bahwa hingga kini, nilai perdagangan tersebut telah melonjak mencapai 1,1 milyar dolar AS.

-Ekspor Malaysia ke Qatar meliputi mesin, Produk-produk kayu, peralatan listrik, dan logam.

-Impor Malaysia dari Qatar meliputi minyak bumi, bahan-bahan kimia, produk-produk alumunium, peralatan mesin ringan.

Sementara itu, hubungan diplomatik antar kedua negara tersebut tercatat sebagai berikut:

-Malaysia membangun hubungan yang baik dengan Qatar dan Arab Saudi. Walaupun kedua negara tersebut sedang terlibat konflik. Kunjungan Amir Qatar ini dilakukan setelah Malaysia menerima kunjungan dari Raja Arab Saudi beberapa waktu lalu.

-Terkait krisis yang terjadi antara Qatar dan tiga negara tetangganya, termasuk Arab Saudi, Perdana Menteri Malaysia berkomentar: “Kami berdoa dengan rahmat Allah Swt, segala permasalahan yang terjadi antara saudara-saudara Arab kita, akan diselesaikan secara damai dan kesatuan negara GCC dapat diwujudkan kembali.

-Qatar dan Malaysia memiliki sejumlah persoalan regional yang sama, khususnya seputar konflik Israel-Palestina dan Krisis Rohingya di Myanmar.

-Kedua negara telah merajut hubungan diplomatik pada tahun 1974 melalui kedutaan Qatar yang ada di Indonesia. Sampai pada akhirnya, kedutaan Qatar pun ada di Kuala Lumpur pada tahun 2004 silam.

-Amir Qatar sebelumnya, Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani, mengunjungi Malaysia pada 2009 dan kunjungan itu dibalas oleh raja Malaysia dengan mengunjungi Qatar pada 2010.(fd/al-Jazeera)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL