Washington,LiputanIslam.com—Amerika, melalui Sekretaris Pertahanannya, James Mattis, akhirnya bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman pada Kamis (22/3) di Washington. Pertemuan ini merupakan satu di antara berbagai rangkaian kegiatan Bin Salman dalam kunjungannya ke Amerika selama tiga Minggu.

Dalam pertemuan tersebut, Mattis menyampaikan kepada Bin Salman perihal resolusi yang diambil oleh senat untuk menghentikan dukungan militer kepada Arab Saudi.

Terkait hal itu, Mattis menyampaikan bahwa penghentian dukungan militer kepada Arab Saudi akan menghambat upaya kerjasama memberantas terorisme dan semakin memberikan ruang gerak yang lebih besar kepada Iran untuk mendukung para pasukan Houthi-Yaman.

Ketika ditanya tentang korban sipil yang berguguran di Yaman, Sekretaris Pertahanan AS itu justru menjawab kepada para wartawan bahwa Arab Saudi adalah solusi dibalik krisis Yaman dan mereka secara aktif bekerja untuk mengakhiri perang.

“Kami percaya bahwa Arab Saudi adalah bagian dari solusi (atas Yaman),” ucap Mattis.

Mattis mengucapkan terimakasih kepada Bin Salman atas peran kemanusiaan yang ia mainkan dalam perang Yaman dan mengabaikan fakta bahwa separuh Yaman daratan, udara, dan laut Yaman tengah diblokade oleh koalisi Arab Saudi. (fd/AMD)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*