Washington,LiputanIslam.com-Juru bicara kementerian luar negeri Amerika menyatakan, Korut tidak menunjukkan iktikad untuk berunding terkait program nuklirnya.

Situs berita ABC mewartakan, para diplomat Amerika memiliki banyak jalur kontak untuk bisa menjalin hubungan dengan rezim Korut.

Heather Nauert mengatakan, meski sudah ada jaminan bahwa Amerika tidak berniat menggulingkan rezim Korut, namun para petinggi Pyongyang tidak menampakkan hasrat untuk bernegosiasi soal pelucutan senjata nuklirnya.

Di pihak lain, Pyongyang menganggap kehadiran militer Amerika di kawasan sebagai faktor utama ketegangan di Semenanjung Korea. Korut mengaku, program nuklir dan rudalnya bertujuan untuk mempertahankan diri.

Dewan Keamanan PBB baru-baru ini menjatuhkan dua sanksi atas Pyongyang. Namun Korut selalu menanggapi tiap sanksi dengan meningkatkan aktivitas militernya.

Sebelum ini, Korut menembakkan sejumlah rudal dari pesisir timurnya. Beberapa di antaranya melintasi wilayah udara Jepang dan membuat warganya ketakutan.

Pyongyang juga baru saja melakukan uji coba nuklir keenamnya dengan meledakkan bom hidrogen. Daya hancur bom itu disebut-sebut melebihi bom atom yang dijatuhkan Amerika di Jepang pada PD II. (af/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL