Podgorica,LiputanIslam.com-Menurut laporan yang dikutip dari Reuters, wapres Amerika menuduh Rusia berupaya merusak stabilitas negara-negara Balkan. Dia menyebut Rusia berniat memisahkan negara-negara Balkan dari blok Barat.

Mike Pence di hadapan para komandan Eropa NATO di Montenegro mengatakan, Rusia berniat memperluas perbatasan internasional melalui angkatan bersenjatanya. “Rusia berniat mengacaukan stabilitas wilayah Balkan, melemahkan demokrasi di sana, dan memisahkan negara-negara tersebut satu sama lain,”ujar Pence.

Pence menyatakan, Amerika menentang setiap tindakan Rusia untuk menanamkan pengaruh dan menebar ancaman terhadap negara-negara Balkan. Dia berkata,”Washington berkeyakinan bahwa masa depan negara-negara Balkan ada di blok Barat. Amerika menekankan pentingnya hubungan konstruktif dengan masyarakat Eropa.”

Montenegro adalah salah satu pecahan negara Yugoslavia yang memiliki penduduk sejumlah 680 ribu jiwa. Negara ini memiliki 2000 serdadu militer dan merupakan anggota ke-29 NATO. Montenegro bergabung dengan NATO pada bulan Juni lalu. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL