iran-saudiMoskow, LiputanIslam.com – Pemerintah Rusia menyatakan prihatin atas memburuknya hubungan antara Iran dan Arab Saudi, dan karena itu Negeri Beruang Merah ini siap berperan sebagai mediator untuk meredakan ketegangan antara keduanya.

“Kami menyatakan sangat prihatin atas meningkatnya ketegangan antara Arab Saudi dan Iran, sebab kami meyakini dua negara Muslim ini sangat berpengaruh di kawasan, di arena global, dan di pasar minyak,” ungkap sumber Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia kepada RIA Novosti, Senin (4/1/2016).

Sumber itu menegaskan bahwa Moskow menjalin hubungan persahabatan dengan Teheran dan Riyadh, dan karena itu “bersedia berperan, jika perlu, sebagai mediator dalam penyelesaian perselisihan yang ada dan muncul antara dua negara ini.”

Ditambahkan pula bahwa Moskow senantiasa mengharapkan adanya kesamaan visi di tengah umat Islam, Sunni dan Syiah, dalam kerangka Organisasi Kerjasama Islam (OKI), maupun di lembaga-lembaga internasional lainnya, berkenaan dengan berbagai problematika global dan regional, termasuk krisis Suriah dan kondisi di kawasan Teluk Persia.

Lebih jauh sumber diplomatik Rusia itu menekankan harapan Moskow supaya Arab Saudi dan Irak tetap berpartisipasi dalam perundingan mengenai Suriah di Wina, Austria. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL