bom-nuklir-rs-28-sarmat-milik-rusiaMoskow, LiputanIslam.com –  Di tengah memuncaknya ketegangan hubungan Rusia dengan Barat terkait krisis Aleppo, Suriah, Negeri Beruang Merah itu kembali menunjukkan taringnya dengan memamerkan foto pertama rudal nuklir balistik terbaru yang sedang dipersiapkannya, RS-28 Sarmat.

Kantor berita Sputnik yang berafiliasi dengan Kremlin menyebutkan bahwa rudal ini membawa muatan yang dapat memusnahkan wilayah seukuran Texas , negara bagian di utara Amerika Serikat (AS) seluas 676.634 kilometer persegi, atau dapat meluluhlantakkan negara sebesar Prancis dengan sekali pencet tombol.

RS-28 Sarmat yang dijuluki oleh NATO dengan “Satan (Setan) 2” ini akan menggeser posisi rudal nuklir Rusia RS-36M keluaran dekade 1970-an yang juga disebut “Satan” oleh NATO.

Robert Kelley, mantan pakar senjata nuklir di Departemen Energi Amerika Serikat mengatakan rudal baru itu kemungkinan lebih merupakan upgrade elektronik  daripada daya ledak atau jangkauan.

Mirror, Rabu (26/10/2016), menyebutkan bahwa sesuai gambar yang dirilis Biro Desain Makeyev Rocket, rudal RS-28 Sarmat alias Satan 2 dikemas dengan 16 hulu ledak.

Rudal ini dipersiapkan untuk peluncurannya pada 2018, dengan daya ledak raksasa yang akan sangat mengerdilkan bom atom yang membumihanguskan Hiroshima dan Nagasaki. Disebutkan bahwa Satan 2 berdaya ledak 2000 kali bom yang menghancurkan dua kota di Jepang pada pada tahun 1945 tersebut.

Pakar senjata Rusia menyatakan rudal ini didesain dengan teknologi yang dapat mengecoh sistem radar dan dengan jarak tempuh yang dapat menjangkau London atau pesisir timur dan barat AS. (mm/nbcnews/mirror)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL