Foto: isna.ir

Foto: isna.ir

LiputanIslam.com-Para peneliti sukses mengembangkan kerang-kerang robot yang berfungsi mengukur dampak perubahan cuaca.

Menurut laporan ISNA, sensor internal tersembunyi dalam kerang-kerang ini mampu merekam perubahan jangka panjang dalam suhu panas tubuhnya. Kerang-kerang yang umumnya terlihat di pantai, ternyata tak sekedar memiliki sisi estetika. Kerang juga bisa menjadi kunci memahami perubahan cuaca.

Sebuah tim peneliti mempublikasikan hasil dari kerang-kerang robot ini. Dalam 18 tahun lalu, sensor-sensor kerang-kerang ini mampu menghimpun informasi untuk pengawasan cuaca di seluruh dunia.

Dengan merekam suhu tubuh kerang-kerang asli di sekitarnya tiap 10 hingga 15 menit, kerang-kerang ini sanggup mendeteksi suhu panas dunia dan memprediksinya.

Suhu panas kerang sangat tergantung pada suhu cuaca dan cahaya matahari. Sebab itu, kerang lebih akurat dalam mengukur kesehatan sebuah ekosistem daripada metode selainnya. Jika suhu kerang-kerang ini lebih tinggi dari biasanya, ini menandakan akan munculnya suatu masalah.

Hasil dari penelitian ini akan membantu pemerintah dan ilmuwan dalam menentukan kebijakan terkait perubahan iklim.

Namun hasil penelitian ini tak terbatas pada perubahan iklim semata. Penelitian ini juga membantu pencegahan rusaknya ekosistem, pencemaran air, dan problem-problem lain yang masih mungkin diatasi. (AF/isna.ir)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL