Washington, LiputanIslam.com –   Jubir Kemhan AS Pentagon, Kol. Robert (Rob) Manning, membantah tudingan Kemhan Rusia bahwa AS berpura-pura memerangi ISIS, mengatakan bahwa Washington tidak mundur dari serangannya terhadap ISIS di Suriah maupun di Irak.

“Ini sama sekali tidak benar. Kami masih konsisten membunuhi para anggota IS (ISIS) dan mencegah mereka mendapat tempat perlindungan yang aman dan dari kemampuan melancarkan serangan di kawasan dan dunia,” sanggahnya.

Kemhan Rusia menuding Amerika Serikat (AS) menurunkan volume serangan udaranya terhadap ISIS di Irak dan membiarkan kelompok teroris ini masuk ke Suriah untuk memerangi Pasukan Arab Suriah (SAA) yang didukung Rusia, namun Pentagon menepis tuduhan ini.

Jubir Kemhan Rusia Mayjen Igor Konashenkov dalam statemennya, Selasa (10/10/2017), menyatakan bahwa pemerintah Suriah berusaha menyingkirkan ISIS dari provinsi Deir Ezzor di bagian timur negara ini, tapi ternyata jumlah ISIS di sana malah bertambah akibat masuknya unsur-unsur ISIS lain dari Irak.

Konashenkov mengatakan bahwa pasukan koalisi internasional pimpinan AS “berlagak memerangi ISIS, terutama di Irak, tapi melanjutkan rencana-rencana yang dikira efektif terhadap ISIS di Suriah.”

“Mengalirnya teroris dari Irak (ke Suriah) menimbulkan pertanyaan-pertanyaan mengenai keseriusan tujuan Angkatan Udara AS dan apa yang disebut koalisi internasional dalam perang melawan teroris,” kecam Konashenkov.

Menurutnya, pasukan koalisi internasional mengurangi serangannya di Irak pada September lalu ketika SAA justru mulai membebaskan Deir Ezzor.

“Gerak-gerik Pentagon dan koalisi ini memerlukan tafsiran.  Apakah perubahan ini terjadi karena ada keinginan untuk sedapat  mungkin mempersulit operasi tentara Suriah yang didukung Angkatan Udara Rusia, dan ketika tentara Suriah berusaha membebaskan wilayah Suriah di timur Furat,” cecarnya.

Bulan lalu Rusia juga berulangkali menuding AS berusaha mengganggu operasi militer SAA terhadap ISIS. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL