US State_DepartmentWashington, LiputanIslam.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) kembali memamerkan arogansinya kepada khalayak dunia.

Dalam peristiwa terkini, Washington mengumumkan sayembara berhadiah untuk penangkapan seorang pengusaha Cina bernama Li Fangwei alias Karl Lee, 50 tahun, dengan dakwaan telah menyuplai militer Iran dengan suku cadang rudal balistik dan beberapa perlengkapan lain.

Departemen Luar Negeri (Deplu) AS Selasa (29/4) mengumumkan sayembara berhadiah 5 juta Dolar AS untuk informasi yang menjurus pada penangkapan Li. Pemerintah AS juga telah meminta Interpol supaya mengupayakan penangkapan Li.

Sebelumnya, kantor pengacara Manhattan, AS, mendakwa Li Fangwei beserta perusahaan dan asosiasinya telah melakukan pencucian uang dan kejahatan elektronik serta menjadi bagian dari lingkaran yang menolak sanksi AS terhadap program rudal Iran. Departemen Keuangan, Perdagangan dan Negara AS juga mengumumkan sanksi baru terhadap Li dan perusahaannya.

Menurut CNN, pemerintah Cina sulit diharapkan akan menjerat Li dengan dakwaan tersebut, karena itu aksi sayembara yang dipublikasikan AS itu tampaknya hanya akan berdampak pada kesulitan Li untuk bepergian ke luar negeri tanpa rasa khawatir.

Beberapa jam sebelum mengumumkan sayembara, Deplu AS juga mempublikasikan daftar nama pengusaha dan perusahaan, termasuk Li Fangwei, yang dituduhnya aktif bekerjasama dengan pemerintah Iran. (mm/cnn/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL