TelAviv,LiputanIslam.com-David Friedman, dubes baru Amerika di Tel Aviv mengatakan, Washington mendukung tujuan Israel untuk mengusir Iran dari Suriah. Menurutnya, sikap Amerika sejalan dengan sikap Israel terkait peran Iran di Suriah.

Dalam jumpa pers pertama setelah kedatangannya di Tel Aviv, Friedman mengatakan kepada Jerusalem Post, Amerika sangat menyetujui pandangan delegasi Israel yang mengunjungi Washington dua pekan lalu.

Delegasi yang dipimpin Yossi Cohen, direktur Mossad, ini direncanakan akan membahas peran Iran di Suriah dengan para pejabat Amerika. Namun media-media Rezim Zionis menyebut kunjungan tersebut gagal. Media-media Israel mengklaim, Washington tidak menyambut baik pandangan delegasi Rezim Zionis.

Kendati demikian, Friedman mengatakan,”Jelas bahwa mereka (para pejabat Amerika) sepakat dengan pandangan ini. Mereka berpendapat, kekosongan yang muncul akibat kekalahan ISIS jangan sampai diisi dengan keberadaan pangkalan militer Iran.”

Menurutnya, proses untuk mendapatkan ‘hasil yang tepat’ masih terus berlanjut. “Saya pikir, Amerika sepenuhnya mendukung tujuan-tujuan Israel,”ujarnya.

Friedman tidak menjabarkan cara mengusir Iran dari Suriah. Dia hanya mengatakan, setidaknya bisa dipastikan bahwa Amerika dan Israel sependapat dalam masalah ini. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL